Yang namanya kesaktian tempo doeloe

Jumat, 08 April 2011

Baru-baru ini ada orang nannya ke gw kenapa orang jaman dulu koq keliatannya sakti bener bahkan ngalahin superhero. Yah, buat masalah itu sebenarnya ada dua kemungkinan seh, yang pertama kisah-kisah para ksatria (khususnya ksatria di Indonesia) kan kita mabil dari cerita rakyat, Catatan di Candi, Babad, dsb. Nah orang jaman dulu itu emang sangat pandai bermetafora dan kurang lebih sangat hiperbolis. Lagian jaman itu "kekuatan" itu asalnya dari kata-kata. Nah jangan heran kalau di babad misalnya kadang-kadang ceritanya gila sakti banget, misalnya Sunan Kalijaga bisa manjangin tangannya ampe Mekkah Di Saudi, atau Panglima Mataram bisa terbang plus jambak rambutnya kapten Jonker dari VOC trus diomel-omelin diangkasa. Hmmm….. Cara buat candi Borobudur juga ampe sekarang masih misteri kan, siapa tuh yang buat? Gunadarma yang bikin Borobudur itu nama orang apa nama lembaga? Masih gak jelas. Gunanya buat apa mereka ngelebih-lebihin cerita? Ya gunanya biar membangun sikap tunduk rakyat kepada penguasa atau tokoh tersebut, atau buat ngebangun citra kharismatik dari si tokoh atau emang otak orang jaman dulu masih rada-rada kebawa sifat animis-dinamis-totemis.

Nah kemungkinan kedua adalah ya emang orang jaman dulu itu asli sakti-sakti. Gimana caranya mereka bisa sesakti itu? Menurut sumber-sumber bacaan yang gw teliti ya mereka sakti karena bisa nguasai yang namanya AJIAN (jujur sebenarnya gw jg gak percaya ajian bisa bikin orang jadi sakti). Tapi ni gw kasih macam-macam ajian yang cukup famous di kalangan pendekar-pendekar jaman dulu.
  1. Aji Rajah Kalachakra. Ajian ini merupakan semacem invisible weapon yang bisa ngalahin musuh karena bentuknya kayak utility yang ditanam di tubuh. Wujud dari ajian ini berupa sinar berputar dan terletak di dada pemiliknya.
  2. Aji Brajamusti. Ajian ini ajian andalan dari pendekar jaman dulu, karena yang punya ajian ini bisa dapet kekuatan yang luar biasa. Ajian ini juga bisa bikin tubuh pemiliknya kebal senjata tajam.
  3. Aji Bandung Bondowoso. Sebenarnya Ajian ini gak beda jauh ma Aji brajamusti, efek yang dihasilin sama : bikin kuat, kebal senjata tajam
  4. Aji Inti Lebur Sakheti. Nah ajian ini berguna buat membakar pasukan dari golongan makhluk halus dan segala perangkatnya.
  5. Aji Komara Geni. Gak beda jauh dengan efek dari Aji Inti Lebur Sakheti namun Aji Komara Geni ini bentuknya semacam benteng tak terlihat yang bisa bikin semacam safe Zone dari serangan tak terlihat musuh ( semacam kekkai kalau di Jepang)
  6. Aji Bada Tubi.Aji ini bisa bikin musuh gak bisa bergerak, trus juga punya efek bikin pemiliknya kebal senjata tajam.
  7. Aji Jala Sutra. Nah Ajian ini menurut gw cukup keren karena bisa menghilangkan ajian miliki musuh, dan si musuh pun jadi gak punya kesaktian apa-apa.
  8. Aji Kancing konci. Efek dari Ajian ini bikin musuh gak bisa bergerak
  9. Aji Gelap Sayuta. Orang yang punya Aji ini bakal bisa memunculkan suara yang bikin musuhnya takut.
Tapi yang harus lo inget adalah para pendekar-pendekar jaman dulu aja yang konon punya ajian-ajian macem yang udah gw sebutin diatas aja gak sanggup lawan pelor Belanda. Jadi menurut gw lebih baik punya otak yang bisa bikin senjata canggih daripada capek-capek menanam ajian dalam diri pake semedi bla bla bla tapi hasilnya nihil, toh Belanda tetep berkuasa di Indonesia selama 350 tahun? Dan baru pergi abis dikalahin jepang yang menyerang dengan senjata modern.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ntar lama-lama nerangin jimat nih orang

Unknown mengatakan...

Kalo menurut saya anda jngn menganggap orang sekarang lebih naik dri org dulu.inget bro belanda gk bisa mengalahkan kita mereka gunakan taktik adu domba.dan ingat hanya orang yg berjiwa pengecut yg menggunakan senjata jarak jauh..tidak berani fate to face seperti nenek moyang dulu yg bersifat kesatria.dan gua punya nenek yg pernah cerita kalo emg org dahulu sakti2 karena suka bertapa dan berlaku jujur selama bertahun2.sehingga sabdo atau kutukan itu ada dari jaman
nenek moyang kita