Kisah yang dicontek cerita Tarzan yang terlupakan bagian 1

Jumat, 21 Januari 2011

Ehem…. Gw mau cerita neh
Konon dulu di tahun 1900-an ada seorang anak yang berasal dari britania, anak ini sebenarnya berasal dari kalangan bangsawan. Oleh pemberontak, anak ini ditinggalkan di pantai Afrika. Orang tuanya meninggal saat ini masih kecil, lalu kemudian si anak ilang ini diasuh oleh kera-kera besar yang gak diketahui spesiesnya (kayaknya seh semacam gorilla gitu). Kemudian waktu berlalu, dan si anak ilang inipun beranjak dewasa, trus ia bertemu dengan seorang wanita cantik? Namanya Jane. Singkat kata si Jane kembali ke Amerika dan Si orang ilang (udah gak anak lagi dong, doi kan udah punya wanita) pun dengan bodohnya nyusul ke Amerika, disana si orang ilang ini berhasil bertemu dengan Jane dan merekapun menikah.

Apa coba? Yup. Pasti udah ketebak lah si anak/orang ilang ini namanya John Clayton alias Lord Greystoke atau di hutan lebih dikenal sebagai Tarzan si pemakai setia koteka.

Cerita Tarzan ini dibuat tahun 1912 oleh Edgar Rice Burroghs alias cerita Tarzan ini bukan kisah nyata alias cerita khayalan belaka. Nah syahdan pada zaman dulu sebelum ada televisi kira-kira tahun 1110 M di Granada Spanyol ada sebuah cerita yang mirip/serupa/hampir sama/nyaris identik/terserah lo dengan cerita Tarzan.
Begini ceritanya, ada seorang putri dari sebuah kerajaan yang mempunyai saudara seorang Raja kejam macem Soeharto tapi gak lenjeh kayak ehemm…. Nah si putri ini kemudian dikimpoi ma temen si Raja sendiri namanya Yaqdzan, akibat perkimpoian itu si putri hamil trus lahirlah seorang anak yang bernama Hayy ibnu Yaqdzan (dulu belum ada dukun aborsi) jadi karena takut kena omel si Raja kejam jadi si putri ini menghanyutkan anaknya ke laut seperti yang dilakukan Yukabad Ibunda Nabi Musa. Nah, si anak yang hanyut ini a.k.a Hayy ibnu Yaqdzan terdampar di sebuah pulau dan dia diasuh oleh seekor rusa sampai si Hayy ini besar dan cerdas dan dia menjadi pencari Tuhan. Nah suatu hari pulau yang didiami oleh Hayy disinggahi oleh seorang pelarian bernama Absal, singkat cerita si Absal ini semakin intim dengan Hayy (gak, mereka gak maho Cuma sahabat doang) mereka saling bertukar pengalaman spiritual dan akhirnya si Hayy tertarik pergi ke tempat asalnya si Absal. Di tempat asal Absal, Hayy kayak orang udik bingung dan protes ma system zakat tapi akhirnya doi ngeh juga koq. Nah akhirnya pas si Hayy ini udah jadi pinter dia memilih hidup ke pulau tempat ia dibesarkan bareng rusa ma si Absal ( maho? hey, come on…ini cerita reliji sebenarnya)

Gimana? Pada liat kan kesamaan dari keduanya?

  1. Hayy dan Tarzan sama-sama dari keluarga bangsawan
  2. Hayy dan Tarzan sama-sama ketemu dengan orang yang membuka mata mereka tentang dunia manusia. kalau di Tarzan ada tokoh Jane, kalau di Hayy ada tokoh Absal
  3. Hayy dan Tarzan sama-sama pengen ke dunia manusia dan awalnya mereka berdua sama-sama kayak orang bego disana
  4. Hayy dan Tarzan akhirnya sama-sama memilih hidup bersama tokoh yang udah membuka mata tentang dunia itu.
Gimana? Sama kan? Jadi siapa mencontek siapa? Kebetulan? Coba pikir lagi deh. Gampangnya seh liat aja siapa yang muncul duluan, ada rentang waktu 700 tahun loh.

Tapi gw tau pasti ada aja orang sotoy yang masih nganggep kesamaan antara si Hayy dengan Tarzan ini kebetulan belaka. Nah bukti adanya percontekan bakal gw buka di bagian kedua

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sumber lengkap'y kisah ini drimana gan? Baru kelar pengajian ada yg ksh info ini... Thanks ya

Unknown mengatakan...

Sumber lengkap'y kisah ini drimana gan? Baru kelar pengajian ada yg ksh info ini... Thanks ya