Atlantis dan Lemuria 1

Selasa, 08 Februari 2011

Di Chapter lo udah liat sedikit bukti tentang majunya peradaban lampau tepatnya tentang bukti adanya teknologi moda transportasi luar biasa yang mirip UFO di zaman sekarang ( btw, pada protes ma gw bukti kurang, hey kalo banyak-banyak bukan blog namanya). Nah teknologi dan moda transportasi luar biasa itu gak mungkin kalau gak dari peradaban yang maju pula. Maka di Chapter sekarang gw mau membahas dua peradaban masa lampau yang sampai sekarang masih debatable dan masih diteliti, yakni Atlantis dan Lemuria ( bakal ada yang seneng akhirnya gw bahas ini ya. Hahahaha). Ok, biar gak bingung gw mau kasih tau teks Yunani kuno tentang atlantis

Kekuatan ini datang dari Samudera Atlantik . Pada waktu itu samudera atlantik dapat dilayari dan terdapat sebuah pulau yang terletak di hadapan selat yang kau sebut pilar Hercules.Pulau itu lebih luas dibandingkan dengan gabungan Libya dan Asia dan pulau ini juga merupakan pintu masuk ke pulau-pulau lain di sekitarnya, dan dari pulau-pulau itu engkau dapat sampai ke seluruh benua yang menjadi pembatas laut atlantik (Timaeus)

Sebelumnya aku telah berbicara mengenai pembagian wilayah yang diadakan bagi para dewa dan bagaimana mereka tersebar ke seluruh penjuru dunia dalam proporsi yang berbeda-beda dan Poseidon, menerima bagiannya, yaitu atlantis ( Critias)

Tanah Atlatis adalah tanah yang terbaik di dunia dan karenanya mampu menampung pasukan dalam jumlah besar ( Critias)

Tanah itu juga mendapatkan keuntungan dari curah hujan tahunan, memiliki persediaan yang melimpah di semua tempat ( Critias)

Orichalum bisa banyak digali di wilayah pulau itu. Pada masa itu Orichalum lebih berharga dibanding benda berharga apapun kecuali emas. Di pulau itu juga banyak terdapat kayu untuk pekerjaan para tukang kayu dan cukup banyak persediaan untuk hewan ternak maupun hewan liar, yang hidup di sungai ataupun darat, yang hidup di gunung ataupun dataran. Bahkan di pulau itu juga terdapat banyak gajah ( Critias )

Dan mereka membangun kanal selebar 300 kaki dengan kedalaman 100 kaki panjang 50 stadia. Mereka juga membuat jalan masuk yang cukup besar untuk dilewati bahkan oleh kapal terbesar dan lewat kanal ini mereka dapat berlayar menuju zona terluar (Critias )

Mereka membangun kuil, istana dan pelabuhan-pelabuhan. Mereka juga mengatur seluruh wilayah dengan susunan sebagai berikut, pertama mereka membangun jembatan untuk menghubungkan wilayah air dengan daratan yang mengelilingi kota kuno, lalumembuat jalan dari dan ke arah istana. Mereka membangun istana di tempat kediaman dewa-dewa dan nenek moyang mereka yang terus dipelihara oleh generasi berikutnya. Setiap raja menurunkan kemampuannya yang luar biasa kepada raja berikutnya hingga mereka mampu membangun bangunan yang luar biasa indahnya ( Critias )

Telah 9000 tahun berlalu sejak perang yang berlangsung antara mereka yang tinggal di luar Pilar-Pilar Heracles dan mereka yang tinggal di dalamnya. Di satu sisi, kota Athena dilaporkan menjadi pemimpin perlawanan; sementara pihak satunya dipimpin oleh raja-raja Atlantis, suatu pulau yang bahkan lebih luas dibanding Libya dan Asia, yang kemudian tenggelam karena gempa bumi, dan menjadi tembok lumpur yang menghalangi seluruh pelayaran melalui samudera itu. (Critias-360SM)

Ini adalah beberapa kutipan dialog antara Timaeus, Critias, Hermocrates, dan Socrates. Kisah atlantis diceritakan oleh Critias yang mendengar dari kakeknya yang juga bernama Critias, sedangkan Critias (si kakek) mendengarnya dari Solon. Dan Solon mendengarnya dari pendeta Mesir, Plato sendiri menanggapi dialog ini mengatakan bahwa Penduduk Atlantis itu seperti dewa dan merekalah cikal bakal peradaban dunia, dan cerita Atlantis ini didapat dari Pendeta suci Mesir yang berkata " cerita Atlantis mengandung lebih dari kebenaran"

Apa yang bisa gw dan lo dapat dari kutipan yang udah gw kasih bold diatas?

  1. Peradaban Atlantis adalah peradaban yang sangat tua, masa hancurnya aja 9000 tahun dari zaman Plato (360 M), dan kalau menurut ilmu Sejarah peradaban tertua yang diakui sekarang itu kan Mesir ( 5000-4500 tahun lalu) dan Atlantis artinya lebih tua 4000 tahun dari Peradaban Mesir
  2. Pulau ini luas banget dan kayaknya lebih tepat disebut Benua ( kan luasnya lebih dari gabungan Libya dan Asia)
  3. Pulau ini tempat seorang dewa turun ke bumi, dia menikahi penduduk local dan akhirnya punya anak ( teks yang ini gak gw masukin)
  4. Tanah Atlantis sangat subur karena curah hujan yang cukup
  5. Disana banyak kayu ( hutan lebat mungkin maksudnya) dan disana ada gajah
  6. Teknologi mereka udah termasuk canggih, mereka bisa bikin kanal super gede yang bisa dilewatin kapal ( fungsinya mungkin kayak terusan Suez/Panama sekarang)
  7. Mereka udah bisa bikin pelabuhan, Jembatan, Istana, dan bangunan yang luar biasa megah
  8. Atlantis hancur karena bencana alam

Dan dari deskripsi orang-orang Yunani diatas, para ahli berusaha merekontruksi gambaran tentang atlantis lengkap dari deskripsi kanal ( terusan ), Jembatan, kuil, dsb


Gimana? Ada yang aneh dari cerita orang-orang Yunani diatas? Pasti dong. Selama ini kan kita terbiasa dikasih tau sejarah ( Aksara) dimulai dari kurun 5000-4500 tahun lalu, dan untuk masa sebelumnya kita masih dalam masa Manusia Purba Homo Sapiens yang kerjaannya Cuma bisa undagi-undagian doang (bikin patung dari tembaga gitu). Sedikit gambaran neh, di Sejarah konvensional itu masa 10000-9000 tahun lalu masih masuk zaman Mesolitikum ( Zaman Batu Tengah ) yang kebudayaannya masih kapak-kapak pebble gitu dan gimana ceritanya orang zaman itu bisa bikin bangunan ciamik macem superkanal? Atau sejarah yang sekarang ini keliru? Atau cerita filsuf-filsuf Yunani itu yang lagi mengkhayal?

4 komentar:

Anonim mengatakan...

kebanyakan ngayal

Anonim mengatakan...

belajar dulu yang bener baru ngomong

Anonim mengatakan...

gw lebih percaya sejarah versi ini lebih masuk akal

Anonim mengatakan...

si fahim kerjaannya promosi mulu. hahahahaa